F Ciri - ciri Fisik Ikan Lele ~ Rumoh Lele Krung Aceh

Rabu, 15 Februari 2012

Ciri - ciri Fisik Ikan Lele

Secara umum lele dapat diidentifikasi dari ciri - ciri fisik yang dimilikinya, seperti tubuh yang licin dan berlendir, tidak bersisik, dan memiliki sungut atau kumis cukup panjang. Adapun bentuk dan ciri-ciri lele selengkapnya dapat disimak pada pemaparan berikut ini.


Ciri - ciri Fisik Ikan Lele


Bagian Kepala
Kepala lele berbentuk pipih ke bawah (depressed) dengan panjang hampir mencapai seperempat dari panjang tubuhnya. Bagian kepala lele dilapisi oleh tulang pelat yang cukup keras. Di dalam bagian kepala ini terdapat rongga yang terletak di atas insang. Di ruangan inilah terdapat alat pernapasan tambahan berupa labirin (aborescent). Dengan alat pernapasan tambahan ini memungkinkan lele menghirup oksigen yang berasal dari luar air. Biasanya, lele melakukan hal ini dengan cara menyembul atau melewati permukaan air. Mulut lele dilengkapi dengan gigi, tetapi hanya berupa permukaan kasar di mulut bagian depan. Lele juga memiliki empat pasang sungut (delapan buah) yang letaknya di sekitar mulut, yakni masing-masing sepasang sungut hidung, sepasang sungut mandibular luar, sepasang sungut mandibular dalam, dan sepasang sungut maxilar. Selain itu lele memiliki sepasang lubang hidung (nostrils) yang letaknya di bagian anterior. Lubang hidung tersebut sangat sensitif dan berfungsi untuk mendeteksi bau.
Lele memiliki sepasang mata yang bentuknya kecil. Mata lele ini dapat mengenali atau mengidentifikasi warna pada obyek yang dilihatnya. Untuk memfokuskan pandangan, lensa mata dapat bergerak keluar masuk.
Bagian Badan
Lele mempunyai bentuk badan yang unik dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, seperti nila, ikan mas, bawal, ataupun gurami. Lele mempunyai bentuk tubuh cenderung bulat dan memanjang serta tidak bersisik. Warna tubuhnya hijau kelabu sampai hitam. Badannya licin karena kulitnya dilapisi lendir. Jika diamati, ada tiga bentuk potongan melintang pada ikan lele, yaitu pipih ke bawah, pipih ke samping (compressed), dan bulat. Bentuk pipih ke bawah merupakan bentuk kepala, potongan membulat ada di bagian tengah badan, sedangkan bagian belakang tubuh cenderung pipih ke samping.
Bagian Sirip dan Ekor
Lele dilengkapi lima buah sirip, di antaranya sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubur, dan sirip ekor. Masing-masing sirip tersebut terpisah satu sama Iain. Sirip punggung memiliki panjang hampir memenuhi tiga perempat panjang badan, memanjang hingga hampir mencapai sirip ekor. Sirip ekor terletak di ujung belakang badan, berbentuk bulat, dan berfungsi untuk bergerak. Sementara itu, sirip perut dan sirip dubur terdapat di bawah sirip punggung dan bentuknya membulat.
Sirip dada lele dilengkapi sepasang duri tajam yang umum disebut patil. Patil merupakan senjata lele untuk membela diri. Selain itu, patil berguna untuk menopang tubuh dan berjalan saat lele berada di darat.

Sumber : http://www.ikanlele.net/ciri-ciri-fisik-ikan-lele-p-66.html?osCsid=f0d162ef9c90fbbd69ebf0507c8b2f38

0 komentar: